Rabu, 27 Februari 2008

Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Menurut pendapat saya, seteleh membaca materi "Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia Dengan Pola Spiral Pada Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar" yang telah disusun oleh Prana D Iswara sangatlah baik penyajian materi tersebut. Pembelajaran kalimat dengan pola Spiral baik disampaikan pada siswa SD kelas IV, V dan VI karena pada kelas tinggi diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menguasai kemampuan berbicara dan menulis. Bagi pengajar, pemahaman kalimat akan sangat membantu dalam menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah maupun di kelas tinggi.

Dari materi Pembelajaran Kalimat Bahasa Indonesia dengan Pola Spiral dapat terlihat, bahwa untuk memahami kalimat haruslah dapat menguasai kategori kata (kelas kata) yang terdapat pada materi morfologi. Pada pembelajaran kalimat dengan pola spiral terdapat empat pembelajaran yang harus dkuasai yaitu:
1. Penguasaan kalimat aktif-pasif
2. Penguasaan kalimat berdasarkan kategori predikat
3. Penguasaan pola kalimat
4. Penguasaan kalimat majemuk

Namun tidak semua penyampaian pengajaran pola kalimat dapat mencapai rata-rata pembelajaran dengan baik, diantaranya pada pola S-P yang merupakan pola tersukar. Karena variasi-variasi S-P yang tidak dikenal pembelajaran sehingga kurang dipahami. Adapun pola yang relatif paling mudah adalah pola S-P-O dan S-P-K. Sekalipun demikian, tingkat-tingkat pola kesukaran setiap pola tidak jauh berbeda.


Nama : Ida Zubaedah
Nim : 0702033
Jurusan : S1 PGSD Kelas Bahasa
UPI SUMEDANG

Tidak ada komentar: